Sudah Disahkan DPRD, Kapan Perda COVID-19 DKI Berlaku?

Jakarta

DPRD DKI Jakarta telah mengesahkan Sistem Daerah (Perda) Penanggulangan COVID-19. Biar demikian, perda tersebut hingga kini masih belum berlaku.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan saat itu Perda Penanggulangan COVID-19 masih dalam proses diundangkan. Menurutnya, saat itu dalam proses penomoran.

“Ini kan sudah dalam proses yah, penomoran, ” kata Ahmad Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Daksina, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020).

Riza tidak menjawab lugas kapan perda itu berlaku. Riza berniat Perda Penanggulangan COVID-19 itu mampu segera diundangkan. Setelah diundangkan di lembaran daerah maka aturan-aturan pada Perda itu mulai berlaku.

“Saya kira sudah mampu dan sudah bisa dimulai. Karena sekitar seminggu lalu sudah pengesahan di DPRD, ” ucapnya.

Diketahui, pengesahan Perda Penanggulangan COVID-19 dilaksanakan dalam rapat sempurna di gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin (19/10) dan dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Rapat tersebut tak dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pihak eksekutif diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Di dalam rapat itu, Ketua DPRD menodong persetujuan anggota dewan mengenai raperda menjadi perda. Raperda ini berisi 11 bab dan 35 kausa.

“Kepada forum rapat paripurna, apakah Raperda Penanggulangan COVID -19 dapat disetujui menjadi susunan daerah? ” kata Prasetio dengan dijawab setuju oleh anggota Sidang.

Setelah persetujuan itu, draf raperda yang sudah disahkan oleh DPRD DKI Jakarta diserahkan secara simbolis kepada Riza demi wakil gubernur.

(man/dhn)