Lawatan Retno-Erick ke Inggris Berbuah Hasil, 100 Juta Vaksin Siap Dikirim

Jakarta berantakan

Menteri Luar Kampung (Menlu), Retno Marsudi bersama Menteri BUMN Erick Thohir melakukan anjangsana ke Inggris. Di situ, itu melakukan sejumlah pertemuan dan kerja sama bilateral terkait vaksin COVID-19.

Kunjungan pertama Menlu dan rombongan dilakukan bersama Menlu Inggris, Dominic Raab untuk membahas kerja sama bilateral antara ke-2 negara. Kemudian, dalam pertemuan AstraZeneca (AZ), Retno mengatakan AZ bakal memberikan penyediaan vaksin sebanyak 100 juta kepada Indonesia.

“Pertemuan dengan jajaran pimpinan AstraZeneca telah berjalan dengan baik. Nusantara telah menyampaikan permintaan penyediaan vaksin sebesar 100 juta untuk tahun 2021, ” kata Retno di telekonfrensi pada Rabu (14/10/2020).

Retno mengatakan pengiriman vaksin periode akan dilakukan pada awal semester 2012. Pengiriman vaksin akan dilakukan secara bertahap.

“Pihak AZ menyambut baik permintaan tersebut. Pengiriman pertama diharapkan dapat dikerjakan pada semester pertama tahun 2021 dan akan dilakukan secara berangsur-angsur, ” tuturnya.

Selain itu, dalam pertemuan dengan Coalition for Epidemic Preparedness Innovation (CEPI), Retno membahas soal tindak lanjut dari due diligence atau uji tuntas vaksin Corona CEPI dengan PT Biofarma.

“Inti pertemuan adalah membahas tindak lanjut dari due diligence yang dikerjakan CEPI terhadap Biofarma pada September lalu, selain itu, kita serupa membahas peluang kerjasama strategis dengan dapat dilakukan beyond COVID-19, ” kata Retno