Jadi Gabung Partai, Ke Mana Ferdinand Hutahaean Berlabuh Usai Keluar daripada PD?

Jakarta

Ferdinand Hutahaean resmi keluar dari Partai Demokrat (PD). Mengaku akan bergabung kembali ke salah satu partai politik nantinya, ke mana Ferdinand mau berlabuh?

“Ke ajaran ini saya tetap akan berpolitik meski independen dan pada waktunya nanti saya akan masuk di salah satu partai politik yang memiliki visi dan misi jelas warnanya terhadap Pancasila dan NKRI. Golongan yang memperjuangkan kebinekaan, anti-intoleransi, & tidak bersikap mendua terhadap mutlaknya ideologi Pancasila, ” kata Ferdinand saat dimintai konfirmasi pada Selasa (13/10/2020).

Ferdinand memperhitungkan dirinya sebagai orang yang membanting. Ia pun berharap dapat bersepakat dengan partai yang memiliki tingkah laku tegas dalam melawan intoleransi.

“Jadi saya butuh dan hamba menanti akan berlabuh di partai yang betul-betul keras dengan kelakuan ini. Keras dengan pandangan melayani intoleransi dan radikalisme serta membanting memperjuangkan kebinekaan dan Pancasila. Tersebut yang saya maksud, ” ucap Ferdinand.

“Saya tak ingin membandingkannya dengan Demokrat, tapi ini adalah perasaan saya bahwa saya harus berada di partai nanti yang keras dalam melayani intoleransi. Kira-kira seperti itu, ” imbuhnya.

Lebih sendat Ferdinand mengakui sudah ada partai yang telah diliriknya. Namun ia belum mau menyebutkan partai itu.

“Nantilah, belum saat ini. (Partai) yang dilihat-lihat gerangan adalah. Nantilah, saya pasti umumkan, ” ucap Ferdinand.

Setelah Ferdinand Hutahaean keluar sebab Demokrat, beredar kabar yang menyebut ia akan memimpin salah kepala perusahaan BUMN. Namun ia menepis informasi tersebut.

“Waduhhhh, saya nggak tahu, nggaklah. Nggak ada yang merekrut saya & menghubungi saya soal ini (akan memimpin perusahaan BUMN), ” kata Ferdinand.

Namun Ferdinand tidak menutup kemungkinan terhadap peluang tersebut. Apabila ia diminta pemerintah Jokowi membantu menjalankan sebuah perusahaan BUMN, ia bersedia membantu.

“Tapi jalan hidup pribadi kan tidak ada yang tahu. Kalau kemudian saya diminta menolong pemerintah, tentu saya akan sokong, ” ujar Ferdinand.

Sebelumnya diberitakan, Ferdinand Hutahaean mengundurkan diri dari Partai Demokrat. Ferdinand mengaku mundur lantaran tidak sedang sejalan dengan partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut.

Ferdinand mengungkapkan cara pandang terhadap UU Cipta Kerja juga menjadi pemicu pengunduran dirinya. Dia pun memilih mundur ketimbang harus berkonflik dengan lingkup privat partai.

“Terakhir kemarin cara pandang terhadap UU Ciptaker yang sangat mendasar bagi hamba semakin menguatkan pilihan saya buat mundur. Daripada jadi konflik di internal, lebih saya pergi dengan keyakinan prinsip politik saya kalau kepentingan bangsa jauh di atas segalanya, termasuk di atas kepentingan politik kelompok. Maka saya bersikap untuk pergi dan mundur, ” ungkap Ferdinand kepada wartawan, Minggu (11/10).

(hel/elz)