BMKG Prediksi Hujan-Angin Kencang Terjadi pada Sumut, Warga Diminta Waspada

Medan

BMKG memprediksi hujan lebat dan angin kencang bakal terjadi di sebagian wilayah Sumatera Mengetengahkan (Sumut) hari ini. Warga diminta waspada potensi banjir hingga terbis.

“Waspada hujan padahal hingga lebat disertai petir & angin kencang di sebagian provinsi lereng timur, pegunungan dan miring barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor dan jalan kencang, ” demikian tulis BMKG di situs resminya, Kamis (5/11/2020).

Namun, BMKG tidak menjelaskan detail hujan disertai jalan kencang mulai terjadi pukul berapa. Pada siang hari, hampir semesta wilayah di Sumut diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Wilayah yang diprediksi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada siang hari antara lain, Daerah, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Stabat hingga Teluk Dalam.

Kemudian, hujan dengan intensitas padahal pada siang hari diprediksi mendarat di Tarutung, Sipirok, Kabanjahe hingga Dolok Sanggul. Hujan diperkirakan berlanjut pada malam hari.

BMKG memprediksi hujan petir bahan terjadi di sejumlah wilayah di malam hari, antara lain Binjai dan Stabat. Sementara, Medan, Lubuk Pakam dan wilayah lainnya diprediksi diguyur hujan intensitas sedang hinga lebat.

Cuaca diprediksi berawan pada dini hari. Selain itu, suhu udara diperkirakan beruang di angka 16 hingga 32 derajat Celcius.

(haf/haf)