Anies Pastikan Masih Ada 2 Hektar Lahan TPU untuk Pemakaman Corona

Jakarta berantakan

Tempat pemakaman umum (TPU) Podok Ranggon, Jakarta Timur dikabarkan tinggal tersisa 1. 100 liang lahad untuk jenazah COVID-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, lahan untuk pemakaman jenazah terpapar COVID-19 juga tersedia dalam Tegal Alur, Jakarta Barat.

Menurutnya, TPU Tegal Tali air masih memiliki lahan ekstra 2 hektar. Anies mengatakan, satu hektarnya dapat menampung 3 ribu makam.

“Iya jadi saat ini kita punya tempat dalam Tegal Alur dan Pondok Ranggon, lalu di Tegal Alur masih ada ekstra sekitar dua hektar. Satu hektar itu kira-kira mampu menampung 3 ribu makam, ” ujar Anies di Brawijaya Hospital Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020).

Anies meminta kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, jumlah orang yang meninggal karena terpapar virus Corona berkurang.

“Karena itu jadi kita akan terus melestarikan kedisiplinan supaya yang dirawat bertambah sedikit dan supaya yang wafat lebih sedikit juga. InsyaAllah tempat pemakaman tentu ada disiapkan era ini, kita masih gunakan perut tempat itu dulu ya, ” kata Anies.

Berdasarkan data yang ada di situs corona. jakarta. go. id, mutlak angka kematian orang yang wafat karena Corona di Jakarta sebesar 1. 330 atau 2, 7 persen. Total orang yang pasti Corona di Jakarta sebanyak 48. 811 dan 36. 451 telah dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur selama ini menyediakan tanah khusus untuk pemakaman jenazah terkait COVID-19. Kini, lahan hanya tertinggal untuk 1. 100 jenazah.

“Lahan kami untuk jenazah COVID-19 tersisa 1. 100 lubang makam untuk muslim dan non muslim, ” ujar Komandan Rombongan TPU Pondok Ranggon, Nadi (47), seperti dilansir Antara, Jumat (4/9).

(man/imk)